Pamong Belajar

Pamong belajar adalah orang yang bertugas membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Mereka bertugas membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Pamong belajar juga membantu siswa meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi dalam belajar, membantu mengatasi masalah sosial dan emosional siswa, dan membantu mengarahkan siswa untuk mencapai potensi mereka. Pamong belajar dapat bekerja dengan individu atau kelompok siswa dan dapat berasal dari lingkup sekolah atau masyarakat. Pentingnya pamong belajar dalam proses belajar mengajar sangatlah besar karena mereka memainkan peran penting dalam membantu siswa mencapai potensi dan mengatasi masalah yang dihadapi.

Pamong Belajar Menurut Para Ahli

Pamong Belajar adalah pendidik dengan tugas utama melakukan kegiatan belajar mengajar, pengkajian program, dan pengembangan model Pendidikan Nonformal dan lnformal (PNFI) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT)/Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan satuan PNFI.

  1. Prof. Dr. Bambang Subali, M.A. dalam buku "Pendidikan Karakter: Teori dan Praktik" (2010, Prenada Media Group) menyatakan bahwa pamong belajar harus memiliki sifat mandiri dan berkeinginan belajar yang tinggi.
  2. Prof. Dr. H. M. Amin Alamsjah, M.A. dalam buku "Pendidikan Karakter: Teori dan Praktik" (2010, Prenada Media Group) menyatakan bahwa pamong belajar harus memiliki kemampuan untuk mengorganisir dan mengelola pembelajaran sendiri.
  3. Prof. Dr. H. M. Roesli, M.A. dalam buku "Pendidikan Karakter: Teori dan Praktik" (2010, Prenada Media Group) menyatakan bahwa pamong belajar harus memiliki sifat mandiri, berkeinginan belajar yang tinggi, dan memiliki kemampuan untuk mengorganisir dan mengelola pembelajaran sendiri.

 Guru Harus Memahami 5 Fitur Aplikasi Merdeka Mengajar Beserta Cara  Downloadnya, Berikut Penjelasannya - Laman 2 dari 2 - NaikPangkat.com

Illustrasi gambar diambil dari: https://naikpangkat.com/guru-harus-memahami-5-fitur-aplikasi-merdeka-mengajar-beserta-cara-downloadnya-berikut-penjelasannya/2/

Tugas Pamong Belajar

  1. Pengabdian pada masyarakatlkegiatan sosial kemasyarakatan;
  2. Peran serta dalam seminarllokakarya di bidang pendidikan;
  3. Berprestasi dalam bidang pendidikan;
  4. Perolehan penghargaanltanda jasaltanda kehormatanlsatya lancana karya satya; dan
  5. Perolehan ijazahlgelar kesarjanaan lainnya.

Posting Komentar untuk "Pamong Belajar "