Komponen Kurikulum Sekolah: Bagian 2

Nilai-nilai sekolah merupakan landasan bagi sekolah atau institusi untuk menentukan tujuan dan strategi dalam mengembangkan budaya dan kultur yang diinginkan.

1. Menjunjung tinggi nilai-nilai sekolah, kami bisa mengembangkan budaya dan kultur yang diinginkan di sekolah.

Bahwa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sekolah, maka komunitas sekolah dapat memperkuat dan mengembangkan budaya dan nilai yang diinginkan di sekolah. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai sekolah adalah fondasi penting dalam menentukan tujuan dan strategi dalam mengembangkan budaya yang diinginkan di dalam sekolah. "Kami" dalam kalimat tersebut mengacu pada komunitas sekolah atau anggota sekolah, mereka perlu menekankan pentingnya nilai-nilai sekolah agar dapat mencapai tujuan dalam memperkuat budaya yang sesuai dengan yang diinginkan.


Illustrasi gambar diambil dari: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/melihat-arah-perubahan-kurikulum-di-indonesia/

2.  Nilai-nilai sekolah merupakan fondasi bagi sekolah dalam membangun budaya dan kultur yang sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Bahwa nilai-nilai sekolah adalah fondasi bagi sekolah dalam membangun budaya dan nilai yang selaras dengan visi dan misi sekolah. Ini menyiratkan bahwa nilai-nilai sekolah berfungsi sebagai dasar dalam menentukan tujuan dan strategi dalam mengembangkan budaya yang diinginkan oleh sekolah. Nilai-nilai penting dalam membentuk cara kerja sekolah, cara melakukan kegiatannya dan perilaku yang diharapkan dari anggotanya. Ini membantu untuk menuntun sekolah untuk memenuhi misi dan visinya dengan melaksanakan nilai-nilai yang selaras dengan itu, Oleh karena itu, ini merupakan fondasi bagi sekolah untuk memiliki arah yang jelas dan mampu mencapai tujuan mereka.

3. Nilai-nilai sekolah merupakan dasar bagi sekolah dalam membentuk sikap dan tingkah laku peserta didik sesuai dengan budaya dan kultur yang diinginkan.

Bahwa nilai-nilai sekolah adalah dasar bagi sekolah dalam membentuk sikap dan tingkah laku peserta didik sesuai dengan budaya dan kultur yang diinginkan. Ini mengimplikasikan bahwa nilai-nilai sekolah diperlukan dalam proses pembentukan sikap dan tingkah laku peserta didik yang selaras dengan budaya dan kultur yang diharapkan oleh sekolah. Nilai-nilai yang diterapkan oleh sekolah akan menjadi pedoman bagi peserta didik dalam menjalani kegiatan sekolah dan membentuk tingkah laku yang diharapkan oleh sekolah.

4.  Nilai-nilai sekolah merupakan pondasi bagi sekolah dalam memperkuat budaya dan kultur yang diinginkan di sekolah.

Bahwa nilai-nilai sekolah merupakan pondasi bagi sekolah dalam memperkuat budaya dan kultur yang diinginkan di sekolah. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai sekolah merupakan dasar yang penting dalam menentukan tujuan dan strategi dalam mengembangkan budaya yang diinginkan di sekolah. Nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh sekolah akan memberikan arah dan landasan bagi sekolah untuk mewujudkan budaya yang diharapkan. Dengan demikian nilai-nilai sekolah merupakan pondasi yang kuat dalam memperkuat budaya sekolah.

5.  Nilai-nilai sekolah merupakan landasan bagi sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi seluruh warga sekolah.

Bahwa nilai-nilai sekolah merupakan landasan bagi sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi seluruh warga sekolah. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh sekolah dapat memberikan dasar bagi sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi semua anggotanya, baik guru, siswa, maupun karyawan. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang sesuai, sekolah akan mampu menciptakan suasana yang mendukung bagi perkembangan siswa dan memperkuat budaya belajar yang positif.


Posting Komentar untuk "Komponen Kurikulum Sekolah: Bagian 2"